WISATA INDONESIA : TELAGA SARANGAN MAGETAN JAWA TIMUR

TELAGA SARANGAN, MAGETAN, EAST JAVA, INDONESIA

               Telaga Sarangan terletak di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Indonesia. Telaga indah  ini berada di lereng Gunung Lawu.  Pemandangan yang indah dan udaranya yang sejuk sangat menarik wisatawan untuk berkunjung kesana. Banyak instansi pemerintah maupun swasta sering mengadakan acara di sana.  Dari Telaga Sarangan, lereng Gunung Lawu terlihat jelas di depan mata.  Pepohonan yang mengelilingi telaga menambah indah suasana.  Anda pasti betah berlama-lama disana. Tapi jangan lupa siapkan jaket karena cuaca tidak menentu, kadang sejuk, kadang dingin sekali, kadang hujan diiringi angin. Jangan khawatir, banyak tempat berteduh di sekeliling telaga.
Transportasi menuju kesana sangat mudah, dari kota Surabaya dapat ditempuh selama 5 jam perjalanan darat.  Anda bisa menggunakan bis, mobil, dan sepeda motor. Kalaupun tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa naik kendaraan umum. Dari Terminal Bungurasih Surabaya, Anda bisa naik bis jurusan Madiun, dari terminal bis Madiun kemudian naik bis ke Magetan dan dari terminal bis Magetan Anda bisa naik angkutan ataupun menyewa mobil menuju Telaga Sarangan. Bagi Anda yang ingin berlibur beberapa hari disana, banyak hotel dan losmen dengan tarif terjangkau di sekeliling telaga, jadi Anda bisa menikmati indahnya Telaga Sarangan dari kamar Anda. Sepanjang perjalan menuju Telaga Sarangan kita sudah disuguhi pemandangan yang indah. Sawah yang ditanami sroberi, kubis, wortel, daun bawang dan sayuran-sayuran lainnya terhampar indah di kanan kiri jalan.
Wisatawan yang ingin berkeliling telaga bisa menyewa perahu boat, berkuda, naik motor ataupun jalan kaki. Paling enak mengintari telaga dengan jalan kaki sambil ngobrol dan olah raga. Bagi yang belum pernah berkuda Anda bisa mencobanya disini. Jangan takut, pemilik kuda akan mengikuti Anda.  Untuk menghangatkan badan, Anda bisa menikmati jagung bakar, wedang ronde, bakso dan sate kelinci yang banyak dijual disekeliling telaga. Tak heran banyak wisatawan yang berlama-lama menghabiskan waktu disana. Enak buat ngobrol dan melepas lelah.
Bagi penggemar tanaman hias, Anda bisa membeli berbagai macam bibit tanaman hias dan buah di pinggir telaga. Harganyapun sangat murah rata-rata Rp.5000,- ber buah. Ada kuping gajah, dahlia, jambu merah dan mawar aneka warna. Bibit mawarnya indah sekali, ada mawar candy dengan warna merah semburat pink dan kuning semburat orange. Saya membeli semua warna bibit mawar yang ada, ada 6 warna. Untuk pembelian 10 buah, sama penjualnya dikasih Rp.4000,- per buahnya. Akhirnya saya tambah bibit pohon cemara 2 buah, kuping gajah dan  kaktus. Bibit anggrek seharga Rp. 12.500 juga ada di sini. Di kota mana boleh tanaman hias denga harga segitu.
 Anda yang ingin membeli oleh-pleh khas Magetan, di seputar telaga banyak dijual aneka macam sovenir berupa kaos, selendang, tas ,sandal dan sebagainya. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang ditanam oleh penduduk sekitarpun banyak dijual disini. Jangan lupa membeli makanan khas Magetan yaitu lempeng, jrangking, walangan dan sambal kacang.

HOTEL DI SEKITAR TELAGA SARANGAN

 Di sekeliling Telaga Sarangan ada beberapa hotel yang mempunyai tarif terjangkau dan mempunyai pelayanan yang bagus. Untuk hari libur seperti Natal, Tahun Baru, dan Idul Fitri pengunjung harus memesan kamar jauh hari sebelumnya. Tarif liburan dan hari biasa sangat berbeda. Untuk even-even tertentu tarif kamar bisa melonjak 100%.  Hotel - hotel yang dekat dengan telaga antara lain Hotel Merah, Hotel Sylverwin, Hotel Indah, Hotel Kintamani, Hotel Sarangan dan masih banyak lagi.

TELAGA WAHYU

Di dekat Telaga Sarangan ada telaga kecil yang indah, namanya TELAGA WAHYU.  Bagi yang punya hobi mancing, tempat ini sangat nyaman.  Udaranya yang sejuk membuat Anda betah mancing berlama-lama disini. Di sini kita dapat naik angsa pancal.   Kalau di tempat lain kolamnya relatif kecil, di Telaga Wahyu kita bisa mancal keliling telaga sampai puas karena telaganya luas.

KERAJINAN KULIT JALAN SAWO MAGETAN
               Kalau berkunjung ke Magetan, jangan lupa mengunjungi ‘Sentra Kerjinan Kulit’ di Jalan Sawo Magetan. Sepanjang jalan ini, berderet toko-toko yang menjual sandal, sepatu, dll dari kulit. Disini Anda dapat berbelanja sandal, sepatu, tas dan jaket yang terbuat dari kulit asli. Tapi jangan sampai salah pilih karena ada toko yang menjual dari kulit asli dan kulit imitasi. Bahkan tas KW alias tas yang modelnya menyerupai merk luar negeri dijual disini. Untuk membedakannya Anda bisa melihat dari merknya dan bahannya. Kalau dari kulit asli biasanya ada tulisan Magetan di merknya dan bau kulit yang khas akan tercium dari sandal, sepatu,tas dll.  Harga sandal dan sepatu dari kulit asli sangat terjangkau antara Rp.50.000 – Rp. 150.000. Tapi kalau Anda pesan dengan model khusus, harga tergantung dari bahan kulit yang Anda pilih. Kalau harga jaket dan tas dari kulit asli sangat mahal. Jaket kulit harga Rp. 500.000  ke atas dan harga tas Rp. 300.000 keatas. Anda juga bisa memesannya sesuai model yang Anda inginkan tapi  dengan harga lebih mahal. Sebanding dengan kwalitasnya, kulitnya asli dan sangat halus. Benar-benar ‘hand made’.
               Banyak toko yang menjual/menerima pesanan sepatu dan sandal tapi hanya toko tertentu yang menjual/menerima pesanan jaket dan tas dari kulit asli. Saya membeli jaket kulit asli di toko ‘Praktis’ dan tas dari kulit asli di toko ‘Karya Pahala’. Saya suka karena produknya berkwalitas tinggi, dari kulit asli dan hand made tidak kalah dengan produk impor.
               Di Jalan Sawo juga banyak penjual makanan khas Magetan. Ada lempeng (sejenis krupuk yang terbuat dari beras), jrangking (sejenis krupuk dari ketan yang dipanggang), rengginang, kue bolu, walangan, rangin, sambal kacang dll. Jrangking, walangan, bolu, dan rangin belum pernah saya jumpai di daerah lain. Kalau lempeng ada di kota lain tapi rasanya tak seenak kalau beli di Magetan.  Oh iya, tempe dari Magetan enak sekali. Tempenya dibungkus daun satu-satu.  Juga jenang candinya, emm....enak banget.

KERAJINAN BAMBU MAGETAN
               Selain kulit, Magetan juga terkenal dengan kerajinan yang terbuat dari bambu.  Berbagai produk rumah tangga dan sovenir terbuat dari bambu seperti keranjang buah, tempat tisu, lampu hias, tempat nasi dll. Produk yang laris sampai ke luar pulau Jawa adalah tampah, capil, besek dan tenggok.

BATIK MAGETAN
               Batik Sidomukti dan Papringan di produksi di Magetan.  Daerah tempat produksinya agak terpencil dari kota.  Untuk kesana kami sempat takut karena jalannya berkelok-kelok tajam, sempit dan di kiri kanannya jurang. Harganya terjangkau, 1 lembar kain batik tulis ada yang seharga Rp. 90.000.

     Kabupaten Magetan memang indah, meskipun wilayahnya tidak luas tapi cukup tertata rapi. Kota kecil yang cantik, sesuai dengan slogan barunya 'The Beauty of Java.'  Pastinya akan lebih cantik lagi bila tempat wisatanya ditambah dengan wisata bunga. Bunga hiasnya cantik-cantik lho.

AYO PIKNIK KE MAGETAN !

1 comment:

  1. Telaga sarangan sangat eksotis menjelang senja

    ReplyDelete