3 TIPS AMAN BERINTERNET


Internet sudah menjadi kebutuhan baru dalam kehidupan manusia.  Bagi mereka yang baru belajar, harus berhati-hati supaya tidak tersesat.  Karena begitu senangnya berselancar di dunia maya, tanpa sadar kita mengklik semua link yang ada. Klik sana klik sini dan selanjutnya apa yang terjadi? Tujuan utama kita tidak akan tercapai dan kita tersesat di belantara dunia maya.

Contohnya Aira yang baru senang-senangnya berinternet.  Suatu saat dia mendapat tugas dari sekolah tentang sejarah bangsa Indonesia  yang materinya harus diunduh dari internet. Awalnya dia membuka sebuah alamat web seperti yang ada dalam buku petunjuk sekolahnya dan mengunduh data dari sana.  Sambil menunggu download yang lama dia mengeklik link-link yang ada di sana. Akhirnya dia mengembara ke situs-situs yang tidak ada sangkut pautnya dengan tugas sekolah. Alhasil tugasnya berantakan karena terlena  dan tersesat dalam dunia maya yang tanpa batas.

3 tips aman untuk Anda yang baru belajar internet supaya tidak tersesat di dunia maya :
1.    Tentukan tujuan utama Anda berinternet.
Misalnya  Anda ingin belajar mengenai Sastra Indonesia.
2.    Tulis dalam daftar, situs apa saja yang akan Anda buka.
3.    Kendalikan diri untuk tidak membuka link-link lain sebelum tujuan utama Anda tercapai.

Tips di atas memang sederhana tapi cukup sulit dilaksanakan. Pengendalian diri adalah kunci utamanya dan itu mungkin memerlukan dukungan dari orang-orang terdekat Anda. SELAMAT BERSELANCAR DI DUNIA MAYA!

No comments:

Post a Comment