5 PENENTU KEBERHASILAN BISNIS

Siapa saja pasti tidak mau rugi dalam berbisnis. Bisnis yang berkembang pesat dan tanpa masalah menjadi tujuan utama para pebisnis. Untuk mewujudkannya tidak mudah dan perlu proses yang panjang dan penuh perjuangan. Apalagi persaingan di jaman teknologi digital ini semakin unik. Celah-celah bisnis semakin beragam dan masalah yang datangpun semakin rumit.

Sebagai pebisnis yang tangguh jangan gentar menghadapi berbagai rintangan yang menghadang, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk memperlancar bisnis :

1.    BUSINESS PLAN
Business plan / rencana bisnis yang detil, rapi dan teliti harus dibuat sejak awal sebelum bisnis berjalan karena dapat mencegahnya dari kebangkrutan. Langkah-langkah dan evaluasi bisnis di kemudian hari mengacu pada business plan. Bila ada masalah di kemudian hari Anda dengan mudah menentukan strategi untuk menanggulanginya.

2.    MODAL YANG CUKUP
Pebisnis yang cermat harus menyisihkan laba untuk pos pengeluaran tak terduga. Ini untuk menjaga kestabilan bisnis bila suatu saat mengalami kesulitan. Ketersediaan modal yang cukup akan membuat Anda lebih nyaman menjalankan usaha.
3.    PUNYA PRODUK YANG BAGUS
Saat produk yang Anda jual mendapat respon yang bagus dari pasar, para pesaing pasti akan meniru produk tersebut. Anda tidak bisa mencegahnya. Ambil hikmahnya saja, semakin banyak yang meniru produk Anda berarti produk itu diterima konsumen dan ini menghemat biaya melakukan riset pasar.  Untuk menghadapinya, ciptakan lagi produk baru yang lebih bagus dari sebelumnya. Teruslah berinovasi. Berikan nilai tambah pada produk Anda. Ciptakan trend baru.

Indscript Creative berhasil menciptakan tren baru dengan mengonsep personal branding melalui Personal Branding Agency.  Bisnis di bidang ini masih langka, tak heran bila perkembangannya sangat pesat. Apa itu personal branding? Menurut Philip Kotler, brand adalah sebuah nama, kata, tanda, simbol, desain, atau kombinasinya untuk mengidentifikasi suatu produk atau jasa yang bertujuan memberikan pembeda dengan para pesaingnya. Robert Blanchard sendiri menyebutkan bahwa brand ini bersifat personal, karena itu harus memiliki karakter. Apalagi di dunia industri, brand dijadikan sebagai tolak ukur kualitas dan kuantitas. Sedangkan branding sendiri adalah kumpulan kegiatan komunikasi dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. Dengan demikian, personal branding adalah upaya untuk membangun dan membesarkan nama atau karakter seseorang sehingga menjadi lebih dikenal, layaknya sebuah merek.
4.    MEMILIKI MENTAL TAHAN BANTING 
Seorang yang berani berbisnis mempunyai mental yang lebih unggul dibandingkan lainnya. Pribadi yang unggul tersebut harus semakin digembleng supaya lebih tangguh menghadapi situasi apapun. Persaingan itu biasa tapi bersainglah yang benar. Pebisnis sejati pantang menghancurkan lawannya dengan cara curang. Jatuh bangun dalam berbisnispun biasa terjadi. Bila suatu saat Anda bangkrut bangkitlah lagi, anggap saja kegagalan sebagai awal keberhasilan. Anda yang dulu suah pernah berhasil akan menjadi lebih berhasil setelah bangkit dari kebangkrutan.
5.    GUNAKAN JASA KONSULTAN MARKETING
Untuk meminimalkan resiko bisnis, sebaiknya sebelum mulai bisnis Anda menggunakan jasa seorang konsultan marketing. Ia dapat membantu Anda membuat business plan yang benar dan menentukan strategi-strategi marketing yang tepat. Anda tidak perlu melakukan observasi dan riset pasar sendiri yang belum tentu berhasil. Ketika bisnis Anda sudah berjalanpun peran konsultan marketing masih diperlukan. Ia dapat mengonsep taktik-taktik baru untuk menghadapi kendala-kendala yang menghambat bisnis Anda.


Veronica Ratna Ningrum, ahli marketing yang anggun dan mempunyai banyak klien dari kalangan perbankan ini  menandaskan,” Gunakan jasa seorang konsultan marketing untuk membantu mempersiapkan Business Plan tersebut sebaik mungkin. Business Plan yang rapi, mudah dibaca dan dipahami, serta jelas parameternya, akan menjadi penentu awal sukses tidaknya sebuah bisnis.”

No comments:

Post a Comment