Image
adalah kesan yang tercipta terhadap segala sesuatu yang kita lihat. Kesan yang
muncul bisa baik dan jelek. Karena itu, kita berjuang untuk menciptakan image
yang baik terhadap produk yang kita jual. Berbagai cara dilakukan untuk
menciptakannya. Beberapa perusahaan membentuk departemen riset dan pengembangan
produk yang salah satu tugasnya adalah menciptakan image yang bagus pada sebuah
produk untuk menarik konsumen. Perusahaanpun tak segan-segan membayar mahal
jasa konsultan marketing untuk memperoleh yang mereka inginkan.
Ada
beberapa faktor yang dapat menciptakan image bagus pada produk, yaitu :
1.
MERK
Hati-hatilah
memberikan merk produk Anda. Carilah nama yang memberi kesan bagus produk Anda.
Merk yang jelek akan memberikan kesan jelek meskipun produknya bagus dan
konsumen enggan membelinya. Sebaliknya entah produk itu bermutu ataupun biasa
saja tapi kalau namanya bagus, kesan yang terciptapun akan baik, inilah yang
menarik konsumen.
Coba
rasakan, sebuah kain batik yang coraknya menarik bermerk ‘Pesona Nirwana’ dan
satunya lagi bermerk ‘Bunga Sepatu’. Image yang tercipta pasti berbeda. Banyak
konsumen sangat fanatik pada merk.
2.
KEMASAN
Kemasan
yang menarik baik itu dari segi warna, bentuk dan bahan wadahnya dapat memikat
hati konsumen. Permen yang rasanya enak tapi pengemasannya kurang baik akan
mengesankan kalau permen tersebut kurang higienis. Jangankan untuk membeli,
melihatnyapun malas. Roti yang kemasannya bermutu dan menarik akan menciptakan
image kalau roti itu higienis dan pantas untuk dibeli.
3.
CARA PENYAJIAN
Tampilkan
produk Anda semenarik mungkin. Kalau berupa jasa, berikan pelayanan yang bagus
kepada calon konsumen dan konsumen. Konsumen akan menyebarkanluaskan pelayanan
perusahaan Anda yang bagus kepada kolega-koleganya. Tentu saja ini adalah
promosi gratis yang sangat menguntungkan.
Kalau
berupa barang , tatalah produk Anda seindah mungkin. Buat interior dan
eksterior yang artistik dan indah untuk menarik pembeli. Untuk restoran,
disamping rasa makanan yang enak jagalah selalu kebersihan dan kerapian tempat
dan peralatannya.
4.
MUTU
Bila
produk Anda bermutu, konsumen akan terus membeli produk Anda. Bila kepercayaan
konsumen sudah terbentuk dan produk sudah laris di pasaran, jangan turunkan
mutunya. Konsumen yang loyal tidak bisa dibohongi soal mutu. Anda lebih baik
sedikit menaikkan harga daripada menurunkan mutu.
“Menyiapkan
kemasan sebuah produk, perlu direncanakan dengan teliti. Sebab ini menyangkut
tentang bagaimana Anda bisa memenangkan perhatian konsumen dan melekatkan image
produk Anda dalam benak mereka,” ujar
Veronica Ratna Ningrum, WomanMarketer yang membahas strategi marketing dalam
press release Personal Branding Agency, Indscript Creative. Di sana ia
memberikan saran-saran dan strategi untuk kesuksesan bisnis Anda.
No comments:
Post a Comment