MENCIPTAKAN IMAGE PRODUK

Image adalah kesan yang tercipta terhadap segala sesuatu yang kita lihat. Kesan yang muncul bisa baik dan jelek. Karena itu, kita berjuang untuk menciptakan image yang baik terhadap produk yang kita jual. Berbagai cara dilakukan untuk menciptakannya. Beberapa perusahaan membentuk departemen riset dan pengembangan produk yang salah satu tugasnya adalah menciptakan image yang bagus pada sebuah produk untuk menarik konsumen. Perusahaanpun tak segan-segan membayar mahal jasa konsultan marketing untuk memperoleh yang mereka inginkan.

Ada beberapa faktor yang dapat menciptakan image bagus pada produk, yaitu :

1.    MERK
Hati-hatilah memberikan merk produk Anda. Carilah nama yang memberi kesan bagus produk Anda. Merk yang jelek akan memberikan kesan jelek meskipun produknya bagus dan konsumen enggan membelinya. Sebaliknya entah produk itu bermutu ataupun biasa saja tapi kalau namanya bagus, kesan yang terciptapun akan baik, inilah yang menarik konsumen.
Coba rasakan, sebuah kain batik yang coraknya menarik bermerk ‘Pesona Nirwana’ dan satunya lagi bermerk ‘Bunga Sepatu’. Image yang tercipta pasti berbeda. Banyak konsumen sangat fanatik pada merk.

2.    KEMASAN
Kemasan yang menarik baik itu dari segi warna, bentuk dan bahan wadahnya dapat memikat hati konsumen. Permen yang rasanya enak tapi pengemasannya kurang baik akan mengesankan kalau permen tersebut kurang higienis. Jangankan untuk membeli, melihatnyapun malas. Roti yang kemasannya bermutu dan menarik akan menciptakan image kalau roti itu higienis dan pantas untuk dibeli.

3.    CARA PENYAJIAN
Tampilkan produk Anda semenarik mungkin. Kalau berupa jasa, berikan pelayanan yang bagus kepada calon konsumen dan konsumen. Konsumen akan menyebarkanluaskan pelayanan perusahaan Anda yang bagus kepada kolega-koleganya. Tentu saja ini adalah promosi gratis yang sangat menguntungkan.
Kalau berupa barang , tatalah produk Anda seindah mungkin. Buat interior dan eksterior yang artistik dan indah untuk menarik pembeli. Untuk restoran, disamping rasa makanan yang enak jagalah selalu kebersihan dan kerapian tempat dan peralatannya.

4.    MUTU
Bila produk Anda bermutu, konsumen akan terus membeli produk Anda. Bila kepercayaan konsumen sudah terbentuk dan produk sudah laris di pasaran, jangan turunkan mutunya. Konsumen yang loyal tidak bisa dibohongi soal mutu. Anda lebih baik sedikit menaikkan harga daripada menurunkan mutu.


“Menyiapkan kemasan sebuah produk, perlu direncanakan dengan teliti. Sebab ini menyangkut tentang bagaimana Anda bisa memenangkan perhatian konsumen dan melekatkan image produk Anda dalam benak mereka,” ujar Veronica Ratna Ningrum, WomanMarketer yang membahas strategi marketing dalam press release Personal Branding Agency, Indscript Creative. Di sana ia memberikan saran-saran dan strategi untuk kesuksesan bisnis Anda.

No comments:

Post a Comment