MENGOPTIMALKAN TEKNOLOGI DIGITAL


Teknologi digital sudah merajai semua bidang kehidupan manusia.   Media digital seperti Facebook, Twitter dan yang lainnya sangat mempermudah untuk menjalin pertemanan dengan siapa saja. Tidak hanya sampai di situ, para pebisnis bisa mempergunakannya untuk sarana promosi yang efektif dan murah. Media digital membuat sebuah produk bisa dikenal di seantero dunia dengan cepat.

Di Indonesia pengguna internet sangat besar tapi sayangnya penggunaannya belum optimal. Razi Thalib, CEO Bridges and Balloons Digital Agency ini mengatakan bahwa lembaga-lembaga penyedia layanan masyarakat, pendidikan, industri, dan bisnis, hampir bisa dibilang semuanya belum melek media digital. Salah satu penyebab utamanya adalah cara berpikir masyarakat yang belum banyak beranjak dari segi fungsi. Mereka lebih sering berpikir untuk sekadar menggunakan, meniru, atau mengikuti tren, tanpa mengeksplorasi penggunaan media digital lebih jauh. Kini sudah saatnya para pengguna media digital di Indonesia mengoptimalkan teknologi ini dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak lagi sekadar sebagai pemakai, namun juga menggunakannya sebagai media untuk mengedukasi masyarakat, merubah cara berpikir, memberikan solusi, serta mendorong mereka ke arah perubahan yang lebih baik.


MENGEDUKASI MASYARAKAT

Facebook dan Twitter sangat populer di Indonesia, kita bisa menggunakannya sebagai media untuk mengedukasi masyarakat. Ilmu yang bermanfaat dapat dengan efektif disampaikan kepada masyarakat. Misalnya saja komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) yang dipelopori oleh Indari Mastuti, dibuat sebagai wadah untuk ibu-ibu yang mempunyai hobi menulis dan ingin belajar menulis. Melalui grup interaktif tersebut, dibuat jadwal belajar online tentang serba-serbi menulis, parenting, bedah rumah dan topik-topik menarik lainnya. Hebatnya, semua anggota bebas berekspresi dengan mengirimkan tulisan-tulisannya di sini. Anggota lain bisa menilai dan memberi masukan. Siapa saja yang mempunyai keahlian khusus (menulis, memasak, membuat handicraft dan lain-lain) dapat menularkan ilmunya kepada anggota lain secara online. Mengikuti diskusi di grup ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang ibu-ibu. Sering juga diadakan belajar menulis online dengan biaya murah dan boleh diikuti siapa saja.Grup ini banyak menghasilkan penulis-penulis baru yang handal lho.

Komunitas Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB) juga sangat menguntungkan diikuti para ibu-ibu yang berbisnis. Kita bisa menampilkan produk yang kita jual di sini. Kerja sama yang bagus bisa dijalin dari sini karena ada beberapa  anggota yang menawarkan kerjasama bisnis yang menguntungkan. Kedua komunitas tersebut kadang-kadang juga melakukan kopdar dengan mengadakan acara-acara seperti bazar dan seminar.

MERUBAH CARA BERPIKIR      

Melalui internet kita bisa dengan mudah menemukan informasi yang kita butuhkan. Apa yang terjadi di duniapun bisa kita ikuti melalui teknologi digital. Tak heran bila budaya Korea, China, dan  Amerika juga ngetrend di Indonesia. K-Pop dari Korea sangat terkenal di sini. Gaya berpakaian, rambut, dan musik serba Korea. Tiket konser artis-artis Korea laris manis meskipun harganya mahal. Kursus bahasa Korea dan toko-toko yang menjual pernak-pernik berbau Korea menjamur di mana-mana. Budaya Korea yang tampil manis di filmpun banyak ditiru, demikian juga dengan budaya Barat. Di Indonesia, Lee Min Ho dan Justin Bieber lebih terkenal daripada artis-artis lokal. Akhirnya pola pikir bangsa Indonesia bisa berubah dengan masuknya budaya-budaya asing yang tanpa batas. Lihat saja, makan buah saja kalau tidak buah impor tidak mau karena beranggapan buah impor lebih enak dan tampilannya lebih menarik. Belajar gamelan dan keroncong dianggap kuno. Promosi besar-besaraan dari negara lain yang masuk ke Indonesia sangat merubah pola pikir warganya. Sebagian besar beranggapan bahwa yang impor itu pasti lebih baik. Padahal belum tentu juga, banyak produk Indonesia yang lebih berkwalitas. Budaya asing boleh kita adapatasi yang positif-positif saja dan jangan melupakan budaya Indonesia.

MEMBERIKAN SOLUSI

Teknologi digital dapat memberikan solusi yang tepat, mudah dan murah di semua bidang. Hasil pertanian, peternakan dan perikanan  yang melimpah di bumi Indonesia dapat diolah dengan cepat menjadi produk yang bermutu berkat teknologi.  Sampah yang tidak bergunapun bisa berubah menjadi pupuk yang bermanfaat. Pekerjaan kantor yang menggunung dapat diselesaikan dengan cepat berkat komputer dan program-program canggih yang mendukungnya. Produk-produk bermutu dari Indonesiapun dapat dipasarkan melalui internet ke seluruh dunia.

Tidak hanya produk, kita juga bisa mempromosikan jasa dan keahlian yang kita miliki melalui internet. Kita bisa menggunakan jasa Personal Branding Agency dibawah naungan Indscript Creative untuk mempromosikan keahlian kita. Profil kita bisa dipromosikan melalui media digital seperti Twitter, Facebook, blog dan website sehingga siapa saja yang membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang sangat berkompeten dalam bidangnya dapat dengan mudah menemukannya.

mendorong ke arah perubahan yang lebih baik

Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, dunia juga berubah dengan cepat. Dengan ilmu-ilmu baru yang terus berkembang dunia berubah menjadi lebih baik. Dunia kesehatanpun tidak luput dari pengaruh teknologi digital. Berbagai macam alat kesehatan canggih dapat mengobati kanker, ginjal, jantung, stroke dan penyakit berat lainnya. Alampun bisa tersenyum dengan terciptanya teknologi ramah lingkungan.

Tekonologi digital memang sangat bermanfaat untuk apa saja. Sudah selayaknya kita dapat mempergunakannya dengan tepat. Dengan penggunaan yang benar, hasil yang kita peroleh juga semakin besar dan berguna untuk lingkungan kita.

Mari kita gunakan teknologi dengan benar !  

No comments:

Post a Comment