Teknologi
digital sudah merajai semua bidang kehidupan manusia. Media digital seperti Facebook, Twitter dan
yang lainnya sangat mempermudah untuk menjalin pertemanan dengan siapa saja.
Tidak hanya sampai di situ, para pebisnis bisa mempergunakannya untuk sarana
promosi yang efektif dan murah. Media digital membuat sebuah produk bisa
dikenal di seantero dunia dengan cepat.
Di Indonesia pengguna
internet sangat besar tapi sayangnya penggunaannya belum optimal. Razi Thalib, CEO Bridges and Balloons
Digital Agency ini mengatakan bahwa lembaga-lembaga penyedia layanan
masyarakat, pendidikan, industri, dan bisnis, hampir bisa dibilang semuanya
belum melek media digital. Salah satu penyebab utamanya adalah cara berpikir
masyarakat yang belum banyak beranjak dari segi fungsi. Mereka lebih sering
berpikir untuk sekadar menggunakan, meniru, atau mengikuti tren, tanpa
mengeksplorasi penggunaan media digital lebih jauh. Kini sudah saatnya para
pengguna media digital di Indonesia mengoptimalkan teknologi ini dalam berbagai
aspek kehidupan. Tidak lagi sekadar sebagai pemakai, namun juga menggunakannya
sebagai media untuk mengedukasi masyarakat, merubah cara berpikir, memberikan
solusi, serta mendorong mereka ke arah perubahan yang lebih baik.
MENGEDUKASI
MASYARAKAT
Facebook dan Twitter
sangat populer di Indonesia, kita bisa menggunakannya sebagai media untuk
mengedukasi masyarakat. Ilmu yang bermanfaat dapat dengan efektif disampaikan
kepada masyarakat. Misalnya saja komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) yang
dipelopori oleh Indari Mastuti, dibuat sebagai wadah untuk ibu-ibu yang
mempunyai hobi menulis dan ingin belajar menulis. Melalui grup interaktif
tersebut, dibuat jadwal belajar online tentang serba-serbi menulis, parenting,
bedah rumah dan topik-topik menarik lainnya. Hebatnya, semua anggota bebas
berekspresi dengan mengirimkan tulisan-tulisannya di sini. Anggota lain bisa
menilai dan memberi masukan. Siapa saja yang mempunyai keahlian khusus
(menulis, memasak, membuat handicraft dan lain-lain) dapat menularkan ilmunya
kepada anggota lain secara online. Mengikuti diskusi di grup ini sangat
bermanfaat untuk mengisi waktu luang ibu-ibu. Sering juga diadakan belajar menulis online dengan biaya murah dan boleh diikuti siapa saja.Grup ini banyak menghasilkan penulis-penulis baru yang handal lho.
Komunitas Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB) juga sangat
menguntungkan diikuti para ibu-ibu yang berbisnis. Kita bisa menampilkan produk
yang kita jual di sini. Kerja sama yang bagus bisa dijalin dari sini karena ada
beberapa anggota yang menawarkan
kerjasama bisnis yang menguntungkan. Kedua komunitas tersebut kadang-kadang
juga melakukan kopdar dengan mengadakan acara-acara seperti bazar dan seminar.
MERUBAH CARA BERPIKIR
Melalui
internet kita bisa dengan mudah menemukan informasi yang kita butuhkan. Apa
yang terjadi di duniapun bisa kita ikuti melalui teknologi digital. Tak heran
bila budaya Korea, China, dan Amerika
juga ngetrend di Indonesia. K-Pop dari Korea sangat terkenal di sini. Gaya
berpakaian, rambut, dan musik serba Korea. Tiket konser artis-artis Korea laris
manis meskipun harganya mahal. Kursus bahasa Korea dan toko-toko yang menjual
pernak-pernik berbau Korea menjamur di mana-mana. Budaya Korea yang tampil
manis di filmpun banyak ditiru, demikian juga dengan budaya Barat. Di
Indonesia, Lee Min Ho dan Justin Bieber lebih terkenal daripada artis-artis lokal.
Akhirnya pola pikir bangsa Indonesia bisa berubah dengan masuknya budaya-budaya
asing yang tanpa batas. Lihat saja, makan buah saja kalau tidak buah impor
tidak mau karena beranggapan buah impor lebih enak dan tampilannya lebih
menarik. Belajar gamelan dan keroncong dianggap kuno. Promosi besar-besaraan
dari negara lain yang masuk ke Indonesia sangat merubah pola pikir warganya.
Sebagian besar beranggapan bahwa yang impor itu pasti lebih baik. Padahal belum
tentu juga, banyak produk Indonesia yang lebih berkwalitas. Budaya asing boleh
kita adapatasi yang positif-positif saja dan jangan melupakan budaya Indonesia.
MEMBERIKAN SOLUSI
Teknologi
digital dapat memberikan solusi yang tepat, mudah dan murah di semua bidang.
Hasil pertanian, peternakan dan perikanan
yang melimpah di bumi Indonesia dapat diolah dengan cepat menjadi produk
yang bermutu berkat teknologi. Sampah
yang tidak bergunapun bisa berubah menjadi pupuk yang bermanfaat. Pekerjaan
kantor yang menggunung dapat diselesaikan dengan cepat berkat komputer dan
program-program canggih yang mendukungnya. Produk-produk bermutu dari
Indonesiapun dapat dipasarkan melalui internet ke seluruh dunia.
Tidak
hanya produk, kita juga bisa mempromosikan jasa dan keahlian yang kita miliki
melalui internet. Kita bisa menggunakan jasa Personal Branding Agency dibawah naungan Indscript Creative untuk mempromosikan keahlian kita. Profil kita
bisa dipromosikan melalui media digital seperti Twitter, Facebook, blog dan
website sehingga siapa saja yang membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang sangat
berkompeten dalam bidangnya dapat dengan mudah menemukannya.
mendorong
ke arah perubahan yang lebih baik
Dengan
perkembangan teknologi yang sangat cepat, dunia juga berubah dengan cepat.
Dengan ilmu-ilmu baru yang terus berkembang dunia berubah menjadi lebih baik.
Dunia kesehatanpun tidak luput dari pengaruh teknologi digital. Berbagai macam
alat kesehatan canggih dapat mengobati kanker, ginjal, jantung, stroke dan
penyakit berat lainnya. Alampun bisa tersenyum dengan terciptanya teknologi
ramah lingkungan.
Tekonologi
digital memang sangat bermanfaat untuk apa saja. Sudah selayaknya kita dapat
mempergunakannya dengan tepat. Dengan penggunaan yang benar, hasil yang kita
peroleh juga semakin besar dan berguna untuk lingkungan kita.
Mari
kita gunakan teknologi dengan benar !
No comments:
Post a Comment