Memahami karakteristik
pelanggan utama adalah salah satu syarat kesuksesan sebuah bisnis. Demikian
yang dikatakan oleh Veronica Ratna Ningrum. Veronica adalah seorang WomanMarketer yang telah sukses
menangani berbagai program marketing bagi sejumlah lembaga perbankan, baik bank
nasional maupun bank asing.
Veronica yang juga CEO
dari PT Masterindo Multiguna yang bergerak di bidang konsultan marketing
ini, mengatakan lebih lanjut, “Memahami karakteristik pelanggan ini sangat
penting, sebab tanpa itu, kita tidak mungkin dapat menentukan strategi marketing
dan memberikan layanan terbaik bagi mereka.”
Menurut Veronica, ada
sejumlah karakteristik pelanggan utama yang perlu diketahui oleh setiap pelaku
bisnis, yakni:
• Informasi dasar tentang pelanggan:
siapa mereka, kisaran usia, kisaran penghasilan, lokasi tempat tinggal, atau
lokasi bisnisnya. Milikilahdatabase pelanggan yang tersistem dengan rapi, yang
berisi semua informasi dasar tersebut beserta alamat kontak mereka. Kontak
mereka dibutuhkan untuk tetap dapat berinteraksi dengan baik dan memberikan informasi
terkini tentang sesuatu yang baru dari perusahaan Anda.
• Bidang atau bisnis yang mereka
jalankan, termasuk siapa saja klien mereka, dan bagaimana mereka menjalankan
bisnis tersebut. Dengan demikian, Anda akan tahu layanan jasa atau produk
seperti apa yang tepat bagi mereka.
• Hal-hal yang mereka sukai.
Masing-masing pelanggan memiliki kesukaan atau hobi yang unik. Jika kita
memahami apa yang mereka sukai, akan mudah untuk merancang program rewards atau
program marketing lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan.
• Problem yang mereka hadapi. Setiap
pebisnis, termasuk kita, tidak semata-mata menawarkan sebuah produk atau jasa
kepada konsumen. Namun kita juga menawarkan solusi bagi problem yang dihadapi
pelanggan. Dengan memahami problem mereka, kita dapat merancang program maupun
produk yang lebih tepat.
Bagi Veronica, memahami
siapa pelanggan utama bisnisnya, adalah bagian yang tak terpisahkan dari
prinsip menjadikan konsumen sebagai raja. Lulusan Universitas Kristen Indonesia
(UKI) jurusan Manajemen yang meneruskan ilmu hingga ke Illinois-AS ini,
senantiasa menekankan perlunya memperhatikan kebutuhan konsumen dan memberikan
layanan terbaik. “Sebab sukses tidaknya sebuah bisnis, sangat tergantung dari
cara kita menghadapi konsumen,” ujarnya.
No comments:
Post a Comment