TIPS LIBURAN YANG NYAMAN


Libur telah tiba, gembiralah semua. Anda pasti sudah mempersiapkan liburan sekolah yang bertepatan dengan Natal dan Tahun Baru. Cukup panjang liburnya.  Anda pasti tidak lupa membawa perlengkapan utama seperti baju, obat-obatan, kosmetik dan lain-lain. Tapi biasanya ada sedikit yang terupakan padahal penting untuk Anda bawa. Untuk menambah kenyamanan perjalanan Anda, ada baiknya Anda tidak melupakan ha-hal kecil tersebut.

Inilah pernak-pernik kecil yang penting tapi biasanya terlupakan :


  1. Obat diare, obat pencahar dan obat anti mabuk.
Waktu berlibur, Anda pasti menikmati wisata kuliner juga. Nah, siapa tahu perut Anda terganggu karena ada makanan aneh yang tidak bisa diterima perut Anda. Coba bayangkan kalau peristiwa itu terjadi ketika Anda sedang berada di atas kereta api. Kemana Anda harus membeli obat? Makanya obat diare wajib Anda bawa untuk pertolongan pertama.
Obat pencahar ringan sebaiknya Anda persiapkan juga, bila Anda menginap lebih dari 3 hari.  Siapa tahu Anda mengalami sembelit.  Sembelit untuk sebagian orang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut dan kepala. Sembelit dapat juga disebabkan  karena belum biasa dengan lingkungan baru. Seperti yang dialami teman saya ketika berlibur ke Bali dan harus menginap selama 5 hari.  Selama 3 hari dia tidak bisa buang air besar (BAB), yang mengakibatkan pusing kepala hebat dan rasa sakit pada perut. Setelah minum obat pencahar dan bisa BAB, pusing kepala sembuh dan perut kembali nyaman. Ternyata dia memang selalu mengalaminya ketika menginap di tempat selain rumahnya.  
Obat anti mabuk juga diperlukan untuk berjaga-jaga bila Anda mabuk perjalanan. Daripada harus pusing dijalan dan tidak bisa menikmati perjalanan, lebih baik Anda minum obat anti mabuk untuk menjaga kebugaran tubuh. Lengkapi perlengkapan P3K Anda dengan obat anti mabuk.
  1. Benang dan jarum
Ini pasangan yang tidak bisa dipisahkan dan sangat berjasa bila terjadi keadaan darurat yaitu ketika kancing baju tiba-tiba lepas.
  1. Peniti
Fungsinya hampir sama dengan benang dan jarum. Siapa tahu kancing baju/celana tiba-tiba lepas atau tas Anda putus talinya. Untuk sementara Anda bisa menyambungnya dengan peniti.
  1. Payung lipat
Selalu bawa payung lipat pada tas Anda. Cuaca saat ini tidak bisa diprediksi. Jangan sampai keasyikan  Anda menikmati alam terganggu gara-gara kehujanan / kepanasan. 
  1. Air putih dalam botol
Siapa tahu Anda kena macet di jalan dan Anda ataupun anak-anak Anda terpaksa buang air kecil. Air botol sangat penting dalam situasi ini.
  1. Tas plastik
Taruh tas plastik dalam tas Anda, siapa tahu berguna. Contohnya pada saat Anda sholat di Masjid, masukkan saja alas kaki Anda dalam tas plastik. Sekarang banyak maling sandal/sepatu berkeliaran di sekitar Masjid.
  1. Sabun pembersih tangan instan dan tisu basah
Banyak kuman bertebaran.  Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah makan karena kebiasaan ngemil sambil jalan pasti tidak bisa Anda tinggalkan.

SELAMAT BERLIBUR !

No comments:

Post a Comment