Artikel
dari Personal Branding Agency,
Indscript Creative yang saya baca kemarin membahas tentang ‘marketing’. Marketing merupakan ujung
tombak sebuah usaha. Tanpa adanya marketing yang jitu, produk atau jasa seseksi
apapun tidak akan berbunyi dan menghasilkan aset.
Benar
juga, marketing atau pemasaran adalah salah satu bagian terpenting dalam suatu
perusahaan. Tidak sembarang orang yang mempunyai keahlian ini. Banyak perusahaan mempunyai trainer khusus
untuk menciptakan ahli marketing yang handal. Veronica Ratna Ningrum adalah salah satu ahli marketing handal di
tanah air. Profesinya sebagai seorang konsultan
marketing yang pernah menangani berbagai perusahaan lokal dan asing,
membuatnya mampu menciptakan cara-cara cerdas di bidang marketing.
Berikut
adalah 10 tips cerdas marketing ala Veronica Ratna Ningrum:
1. Jadilah
MATA-MATA. Seorang pelaku marketing harus mengetahui kondisi dan kebutuhan
pasar, maka jadilah mata-mata di pasar Anda. Menurutnya, kebutuhan pasar
menjadi penuntun kesuksesan marketing Anda. Jika seorang pelaku marketing tidak
memedulikan kebutuhan pasar, maka sama dengan mencari kepuasan pada diri
sendiri, tidak akan membawa keuntungan buat usahanya.
2. Perlakukan
CUSTOMER sebagai RAJA. Tampaknya seperti sebuah slogan kuno. Namun menurut wanita
pakar marketing ini, customer-lah yang akan menentukan kesuksesan sebuah usaha.
Bisa dibayangkan ketika seorang customer kecewa dengan pelayanan kita, kemudian
menyampaikan kekecewaaannya kepada khalayak, maka citra perusahaan akan jatuh.
Belum lagi kehilangan pelanggan, akan menjadi masalah yang serius bagi
kelangsungan sebuah bisnis.
3. EKSEKUTOR.
Seorang pelaku marketing harus mampu menjadi eksekutor. Eksekutor tidak sekedar
membuat sebuah keputusan, melainkan melakukan sebuah analisis mengenai suatu
keputusan yang akan dilakukan.
4. Pertajam
INTUISI. Pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Dengan ketajaman
intuisi, seorang pelaku marketing tahu bagaimana akan berbuat, bagaimana
melakukan sebuah program agar bisa sukses, dan bagaimana memuaskan klien.
5.
Lakukan
SURVEI PASAR. Survei pasar menjadi salah satu bagian paling penting dalam dunia
marketing. Dalam melakukan survey pasar, sertakan pula survey tentang tingkat
kepuasan konsumen, pendapat konsumen mengenai produk kita, pendapat konsumen
mengenai kualitas layanan dari perusahaan kita. Semua itu bermanfaat sebagai
bahan evaluasi marketing serta untuk mencari formula terbaik guna membidik
pasar yang potensial.
6. Lakukan
SURVEI KOMPETITOR. Terkadang seorang pemilik usaha lupa bahwa di luar usaha
yang diciptakannya, terdapat kompetitor atau pesaing. Dengan melakukan survey,
kita dapat menciptakan keunikan atau kelebihan bisnis kita agar tampil berbeda
dari pesaing. Menerapkan harga yang bersaing, menaikkan sisi nilai tambah
produk, atau memperbaiki kemasan, adalah beberapa trik untuk menciptakan
keunikan produk serta menjaring minat konsumen.
7. Ciptakan
PEMASAR BAYANGAN. Di dalam dunia marketing, ini dikenal dengan istilah Ghost
Marketing. Pemasar bayangan ini akan mempromosikan kehadiran produk kita secara
tidak langsung, dan menciptakan kesan positif dari produk tersebut, sehingga
massa mengenali produk kita.
8. Telurkan
INOVASI. Lakukan dan buatlah selalu inovasi pemasaran. Inovasi dalam strategi
pemasaran sangat menunjang kesuksesan bisnis.
9.
Jadikan
mereka KONSUMEN LOYAL. Memelihara customer seperti raja dengan cara
mendengarkan pendapat mereka, menyediakan solusi bagi kebutuhannya, dan
senantiasa memberikan layanan terbaik. Dengan cara tersebut, customer akan
betah dan tidak akan berpindah ke lain hati.
10.Berikan
EVALUASI. Jika Anda bekerja dalam tim, maka berikanlah masukan kepada tim
produksi atau penyedia barang dan jasa, agar kualitas produk yang dijual dapat
terus meningkat.
No comments:
Post a Comment