BAHAGIA ADALAH SEBUAH PILIHAN


Halo apa kabar Anda hari ini? Apakah kehidupan Anda sekarang sudah berbahagia? Kami berharap semoga Anda sudah mencapai kebahagian hidup dan bisa membahagiakan orang-orang disekitar Anda.

Untuk sebagian orang kebahagian sangat sulit dirasakan. Tahukan Anda sebab-sebabnya? Inilah hal-hal yang membuat orang selalu  merasa tidak bahagia :

1.    Terbelenggu masa lalu  kelabu.
2.    Menyimpan rasa dendam dan benci.
3.    Tidak bersyukur kepada semua yang telah didapat.
4.    Mempunyai rasa iri hati kepada kesuksesan orang lain.
5.    Selalu merasa tidak puas yang berlebihan.
6.    Tidak ikhlas

Mulai saat ini mari kita hilangkan rasa dendam, benci, iri hati dan pikiran negatif lainnya. Cobalah mulai memaafkan masa lalu kelabu dan bangkitlah menuju kehidupan yang lebih baik. Tanamkan pikiran positif pada diri Anda dan cobalah mensyukuri apa yang sudah kita dapatkan. Lihatlah nasib orang-orang yang lebih sengsara dari kita, jangan hanya menengok orang-orang yang hidupnya lebih baik dari kita. Belajarlah menerima semuanya sebagai anugrah, meskipun itu musibah anggaplah itu anugrah karena ada hikmah dibalik semua peristiwa. Ikhlas adalah kunci paling utama menangkal kesedihan.

Cobalah bandingkan, bekerja dengan hati mendongkol dan marah dengan bekerja dengan perasaan ikhlas dan gembira. Kemarahan pasti akan membuat cepat lelah dan membuat Anda semakin depresi. Tapi keikhlasan dan kegembiraan akan membuat hasil kerja Anda menjadi hebat dan menimbulkan kebahagian.  Semua itu memang sulit dijalankan, tapi cobalah pelan-pelan. Untuk memudahkan melakukan semua itu cobalah bermeditasi sebelum bekerja. Meditasi memudahkan Anda untuk memperoleh ketenangan, kejernihan berpikir, membuang energi negatif dan otomatis perasaan Anda akan lebih berbahagia karenanya.

Seperti yang dituturka Adjie Silarus (psikolog dan meditator), pria berpenampilan tenang dan kalem ini mengatakan, bahwa bahagia sebenarnya bukanlah sesuatu yang bersyarat, seperti yang diyakini banyak orang. Sebab, kebahagiaan akan hadir dengan sendirinya ketika seseorang memilih untuk ikhlas dan mengampuni masa lalu, serta menanamkan rasa bahagia itu dalam hati serta pikiran mereka. Adjie mengibaratkan keikhlasan dan pengampunan masa lalu, seperti halnya bumi yang selalu memaafkan manusia pada setiap kesalahan yang mereka perbuat. “Manusia perlu belajar memaafkan. Jadilah orang yang pemaaf, bukan pendendam. Masa lalu bukan sesuatu yang harus dibawa dalam setiap perjalanan. Masa lalu justru adalah jalan pembuka masa depan,” katanya.

Kini, apapun yang terjadi tergantung pada Anda untuk menyikapinya. Bahagia adalah pilihan!


“Kunci bahagia adalah dengan belajar memadukan masa lalu, masa kini, dan masa depan, menjadi sebuah kekuatan yang utuh. Adjie Silarus menyarankan untuk belajar melupakan setiap hal buruk di masa lalu, membuang trauma, dan mengikis dendam dengan cara menenangkan diri dan memasuki keheningan. “Meditasi membantu Anda membebaskan diri dari beban jiwa. Meditasi juga dapat membantu Anda mengampuni masa lalu dan menyembuhkan trauma.”
(Seperti yang dituturkan Adjie Silarus kepada Personal Branding Agency, Indscript Creative)

No comments:

Post a Comment