Seperti halnya saat
mengemas sebuah hadiah atau sajian, kita pun perlu mengemas cara marketing
produk agar menarik perhatian konsumen. Sebab bagaimanapun, penampilan
merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap nilai jual. Sebuah produk
yang bagus namun tanpa disertai strategi
marketing yang tepat maka produk tersebut tidak akan menghasilkan
keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Sebaliknya, terkadang produk yang
sebenarnya biasa, namun dikemas dengan baik, bisa membuat pelanggan jatuh
cinta.
Namun, dalam dunia
bisnis, kebanyakan yang terjadi kerapkali si pebisnis membuka bisnis yang dia
tidak tahu bisnis yang diageluti. Sehingga kerapkali bisnis gagal untuk eksis
atau mampu berkembang dengan baik. Sedangkan bisnis yang berhasil adalah
produknya memiliki ‘sesuatu’ dibandingkan produk yang lain, selain juga
memenuhi kebutuhan dari customer. Pada akhirnya dalam dunia bisnis, orang yang
bisa berhasil di dunia bisnis adalah pebisnis yang dapat mencetuskan ide
seperti produk yang mampu menjadi pioneer dibandingkan bisnis yang dibuka hanya
untuk ikut-ikutan.
Terkait dengan
eksisting bisnis yang dimulai dari keunggulan produk yang dimiliki, maka
setelah itu strategi marketing bisa dicanangkan. Seperti misalnya bagaimana
menggarap customer hingga menyakinkan customer untuk membeli. Nah, Ide dan
kreativitas sangat diperlukan dalam hal ini. Seorang marketer biasanya jeli
menemukan ide menarik untuk dijadikan landasan dalam memasarkan produk
kliennya. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, ide bisa tampil sangat menarik.
Berikut ini tiga
panduan sederhana untuk membantu Anda mengemas ide dan kreativitas untuk
memasarkan produk Anda ataupun produk milik klien Anda:
1.
Mengetahui dengan tepat apa yang
dibutuhkan oleh konsumen. Pengetahuan ini dibutuhkan sebab akan menentukan hal
apa yang akan dilakukan. Hal ini bisa dilakukan melalui riset pasar sendiri,
atau melalui lembaga khusus riset bisnis. Ketika informasi sudah dirasa cukup,
maka hasil riset tersebut dianalisa dan digunakan untuk menentukan strategi
marketing.
2.
Mengemas produk menjadi spesial. Spesial
adalah menjadikannya berbeda dengan yang lain atau memiliki keistimewaan
dibandingkan dengan produk lainnya. Carilah celah yang bisa dikembangkan
berdasarkan hasil observasi produk serupa di pasaran. Dengan demikian, produk
tersebut akan dapat tampil lain dari yang lain, dan memberikan nilai tambah
bagi produk tersebut.
3.
Menjaga kualitas dari produk. Bagian ini
juga merupakan aspek yang penting bagi sebuah produk. Jangan sampai loyalitas
konsumen yang sudah terbangun kepada sebuah produk, menjadi hilang karena
kualitasnya menurun. Usaha untuk menjaga kualitas produk harus terus dilakukan
oleh perusahaan, dengan cara melakukan inovasi dan menambah nilai manfaat dari
produk tersebut.
Itulah tiga panduan mengemas
ide dan kreativitas untuk marketing. Semoga bermanfaat!
Tentukan
ide produknya, bersamaan dengan itu akan ada cara untuk mengemasnya dalam
sebuah strategi marketing.
No comments:
Post a Comment