Banyak cara yang
dilakukan para pelaku bisnis supaya produk yang dimiliki bisa diterima pasar. Strategi
marketing adalah hal mendasar yang harus diperhatikan. Inilah yang ditekankan
oleh Veronica Ratna Ningrum, seorang
woman marketer.
Marketing atau
pemasaran adalah suatu proses untuk mendekatkan produk yang telah dihasilkan
oleh pelaku bisnis ke konsumen. Tujuannya adalah agar produk tersebut dapat
dengan mudah diakses oleh konsumen atau dapat digunakan mereka secara tepat untuk
memenuhi kebutuhan. Bagian marketing ini memang merupakan bagian yang sangat
penting dan krusial dalam bisnis yang dijalankan karena menentukan keberhasilan
dari bisnis tersebut.
Melesatkan bisnis
melalui olah marketing ini dapat dilihat dari dua sisi pandang yaitu dari pihak
produsen dan juga pihak konsumen. Dari pihak produsen apabila prodaknya barang
maka,haruslah memerhatikan beberapa hal, yaitu tempat, kualitas produk, harga,
hingga pola promosi.
Tempat memang harus
dipilih tempat yang strategis yaitu tempat yang dapat diakses lebih mudah
sehingga konsumen akan lebih mudah untuk mendapatkan produk ini. kualitas
produk juga harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh
konsumen. Harga pun juga haruslah harga yang dapat dijangkau oleh konsumen
serta sesuai dengan manfaatnya, atau harga yang kompetitif dibandingkan dengan
produk lain yang sejenis. Jika tidak main di harga yang kompetitif, maka
positioning produk harus benar-benar kuat menyasar target pasar. Faktor promosi
akan lebih mendekatkan produk yang telah dihasilkan ke konsumen sehingga
konsumen akan mengetahui dengan benar bagaimana, apa, manfaat, dan keunggulan
produk tersebut.
Dari pihak konsumen,
hal yang harus diperhatikan adalah usaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan dan
diinginkan oleh konsumen tersebut, kenyamanan konsumen terhadap produk yang
dihasilkan, hal ini lebih berkaitan pada rasa puas yang dirasakan oleh konsumen
setelah menggunakan produk tersebut. Dengan adanya rasa puas ini maka akan
timbul perasaan untuk kembali menggunakan produk ini.
Semua hal ini harus
diramu dengan benar dan tepat oleh pihak perusahaan terutama bidang marketing.
Inilah nantinya yang akan menjadi salah satu kunci keberhasilan produk. Dan
inilah yang dimaksud dengan melesatkan bisnis melalui olah marketing.
No comments:
Post a Comment