Konsumen adalah raja.
Berbagai strategi dibuat untuk meraih konsumen sebanyak-banyaknya. Produsen
berlomba-lomba membuat rajanya puas dan loyal menggunakan produk mereka. Promosi
dan program-program yang menarik dibuat untuk memanjakannya. Jumlah manusia
yang ratusan juta, tentu saja mempunyai selera dan kondisi yang berbeda-beda.
Produsen harus pintar membaca perilaku konsumen.
BUAT PRODUK YANG MENGERTI
KONSUMEN
Semua konsumen memiliki
keinginan yang sama terhadap sebuah produk. Mereka ingin produk yang
berkualitas, harga terjangkau dan mudah didapat. Kenali mereka kemudian buat produk yang mereka butuhkan. Untuk mengetahui keinginan
mereka lebih dalam ada beberapa segmen konsumen yang perlu kita ketahui.
Segmentasi konsumen
tersebut sebagai berikut:
1.
Konsumen kelas bawah
Keinginan
konsumen kelas bawah adalah harga yang murah dan mudah didapat. Kualitas produk
bukan menjadi alasan utama mereka membeli sebuah produk. Mereka senang sekali
mendapat produk gratis dan hadiah maka dari itu sering-sering buatlah promosi
dengan memberikan produk gratis dan hadiah.
2.
Konsumen kelas menengah
Konsumen
kelas ini sudah mengerti pentingnya nilai kualitas. Mereka biasanya
memadupadankan produk yang dipakainya. Misalnya, untuk membeli sabun cuci
mereka membeli produk yang murah meriah tanpa menghiraukan kualitas sedangkan
untuk membeli beras mereka memilih beras yang berkualitas.
3.
Konsumen kelas atas
Konsumen
kelas ini terbatas tapi memberikan keuntungan yang cukup besar bagi produsen.
Mereka adalah orang-orang mapan yang sangat memperhatikan kualitas semua produk
yang dipakainya. Harga bukan masalah untuk mereka karena kualitas adalah yang
paling utama. Mereka tak segan-segan mengeluarkan uang untuk membeli produk
yang merekan inginkan. Segmen kelas ini menginginkan produk berkualitas, diproduksi
dalam jumlah terbatas dan tentu saja dengan harga yang mahal. Gengsi turut
berperan bagi mereka untuk membeli sebuah produk.
Personal Branding Agency, Indscript Creative, perusahaan yang berfokus
membentuk pencitraan diri tokoh, pengusaha, hingga orang penting lainnya ini,
secara eksklusif memuat profil Veronica Ratna Ningrum dalam press releasenya. Ia adalah seorang WomanMarketer yang juga CEO dari PT Masterindo Multiguna yang
bergerak di bidang konsultan marketing. Wanita cerdas nan anggun yang menginspirasi
banyak orang tersebut, mengatakan lebih lanjut, “Memahami karakteristik
pelanggan ini sangat penting, sebab tanpa itu, kita tidak mungkin dapat
menentukan strategi marketing dan memberikan layanan terbaik bagi mereka.”
Indscript Creative tidak hanya berkutat pada bisnis saja. Perusahaan
personal branding itu juga melakukan tanggung jawab sosial kepada masyarakat
dengan membina komunitas penulis
sebanyak lebih dari 5.500 orang. Melalui komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan
Nulis) semua wanita yang berprofesi sebagai penulis, punya hobi menulis, dan
mereka yang ingin belajar menulis dapat berdiskusi di sini. Mereka bisa belajar
dan bertukar pikiran tentang berbagai hal melalui grup interaktif di Facebook.
PERHATIKAN KOMPLAIN
KONSUMEN
Buatlah alamat dan
telepon khusus pengaduan untuk konsumen. Bila ada komplain dari customer secepatnya
beri tanggapan. Ini akan menimbulkan kesan tersendiri di hati para konsumen. Mereka
yang komplain biasanya adalah konsumen yang loyal memakai produk kita. Mereka
tidak mau menemui kejanggalan pada produk yang biasa dipakainya. Maksud mereka
adalah supaya produsen secepatnya menyempurnakan produknya. Ingat, persaingan di
dunia bisnis sangat sengit, perhatikan konsumen dan jangan biarkan pelanggan
loyal Anda berpindah ke produk lain.
No comments:
Post a Comment