KEAMPUHAN BUSINESS PLAN


Vika sangat bingung menentukan langkah apa lagi yang harus ia jalankan untuk mendongkrak laba butiknya. Butik yang sudah 4 tahun dikelolanya mengalami penurunan omzet yang cukup tajam. Pembeli semakin hari semakin sepi. Pesta diskon hari Jumat, Sabtu dan Minggu sudah digelarnya selama 3 bulan tapi tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Haruskah ia menutup butiknya?

Masalah yang dialami Vika sangat lumrah dalam dunia bisnis. Jatuh bangun dalam dunia ini adalah hal biasa. Panik, bingung dan frustasi boleh saja, tapi untuk Anda yang mempunyai mental wirausaha sejati efek negatif tersebut jangan terlalu lama membelenggu. Laba yang menurun dan kebangkrutan paling banyak disebabkan karena perencanaan bisnis yang salah dari awal. Mereka rata-rata kurang melalukan riset dan observasi.


Business Plan (Perencanaan Bisnis) adalah suatu program yang berisi tentang apa saja yang akan kita buat untuk menjalankan sebuah bisnis. Perancanaan ini harus benar-benar mendetail termasuk menentukan cara bagaimana mengantisipasi kalau bisnis kita mengalami masalah. Business Plan adalah salah satu senjata ampuh untuk mencegah kerugian bisnis kita.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat Business Plan dan dapat Anda sesuaikan dengan jenis usaha Anda :

·       Dalam konsep awal buatlah visi, misi, program perusahaan, dan poin penting kunci keberhasilan perusahaan.
·       Tentukan juga bentuk badan hukum dari bisnis Anda.
Badan hukum bisa berjenis CV, Firma, PT dan Koperasi.
·       Struktur modal perusahaan dan sumber-sumber pembiayaan lainnya.
·       Kondisi bisnis, rencana strategi pemasaran.
·       Sumber bahan baku
·       Jumlah, tingkat kualitas, jenis atau ragam barang dan jasa.
·       Tingkat permintaan terhadap produk
·       Tingkat harga jual dan teknik penetapan harga jual
·       Wilayah pemasaran dan jalurnya
·       Segmentasi pasar
·       Promosi, biaya promosi dan efek dari promosi
·       Sumber daya manusia
·       Sistem penggajian

PAKAI JASA KONSULTAN MARKETING

Kalau Anda kebingungan cara membuat Business Plan serahkan semua pada ahlinya. Jangan khawatir, banyak ahli bisnis yang bisa membantu Anda. Veronica Ratna Ningrum, seorang Konsultan Marketing yang juga CEO dari PT Masterindo Multiguna ini, dalam press release Personal Branding Agency, Indscript Creative menyarankan, “Buatlah Business Plan dengan rapi dan profesional. Gunakan jasa seorang konsultan marketing untuk membantu mempersiapkan Business Plan tersebut sebaik mungkin. Business Plan yang rapi, mudah dibaca dan dipahami, serta jelas parameternya, akan menjadi penentu awal sukses tidaknya sebuah bisnis. Selalu siapkan alternatif, untuk mengantisipasi jika perencanaan pertama mengalami hambatan. Dalam dunia bisnis, hambatan bisa muncul secara tak terduga. Untuk itu, selalu siapkan payung sebelum hujan, dengan cara mempersiapkan Business Plan Anda secermat mungkin.”

No comments:

Post a Comment