TAHAPAN DALAM KONSULTASI MARKETING


Apakah Anda seorang wirausaha yang menginginkan bisnis Anda sukses dan merajai pasar? Untuk itu Anda harus bisa membuat strategi marketing yang brilian. Kalau kesulitan membuatnya, Anda bisa menggunakan jasa seorang ahli marketing untuk membantu Anda.

Untuk memilih konsultan yang bisa dipercaya dan mempunyai keahlian tinggi tidak mudah. Anda harus benar-benar memiliki referensi tentangnya. Bertanyalah kepada kolega Anda dan cari tahu tentang profil mereka di media masa dan internet. Salah satu konsultan marketing yang handal di bidangnya adalah Veronica Ratna Ningrum. Wanita cerdas yang menimba ilmu marketing di Amerika ini, profilnya sangat mudah Anda temukan karena dimuat dalam press release  Personal Branding Agency, Indscript Creative


Supaya lebih mengetahui betapa pentingnya fungsi seorang Konsultan Marketing untuk kesuksesan bisnis Anda, Veronica menjelaskan beberapa tahap proses dalam konsultasi marketing.
1.    Tahap awal produksi barang
Konsultan bertindak sebagai pengarah saat menentukan bentuk dan kemasan barang yang diproduksi. Ia akan memberi masukan tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, tipe konsumen, serta segmen pasar berdasarkan hasil riset dan observasi.
Riset dan observasi adalah tahap yang paling sulit, membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang cukup besar. Dengan memakai jasa konsultan, semua itu akan lebih efektif dan efisien karena dikerjakan oleh tim yang terpercaya.

2.    Tahap pemasaran
Konsultan akan mendampingi sang produsen atau pemilik bisnis untuk menentukan strategi pemasaran barang. Menentukan strategi pemasaran sangat diperlukan, sebab tanpa itu, produsen akan mengalami hambatan dalam menjual barangnya sekalipun kualitasnya bagus. Konsultan akan mempelajari apa saja celah dan ide yang bisa dimanfaatkan untuk membuat produk tersebut dapat laku keras di pasaran serta tampil sebagai trend. Dan selanjutnya, ia akan merancang strategi pemasaran yang paling tepat.

Dengan menggunakan konsultan, Anda tidak perlu capek-capek melakukan riset, observasi, dan membuat strategi marketing sendiri. Katakan saja apa keinginan Anda selanjutnya merekalah yang membuat cita-cita Anda terwujud.

Seorang konsultan marketing tidak hanya bertindak sebagai pendamping bagi kliennya. Ia juga menjadi sumber ide tentang bagaimana sebuah bisnis harus dijalankan, produk apa yang dapat dikembangkan lebih lanjut, bagaimana memangkas biaya yang tidak perlu, serta bagaimana membuat konsumen merasa lekat dan loyal terhadap sebuah produk.

No comments:

Post a Comment