Pelanggan adalah raja,
itulah yang selalu bergema dalam dunia bisnis. Jumlah pelanggan sangat
menentukan keberhasilan bisnis Anda. Berbagai strategi diterapkan untuk meraih
pelanggan sebanyak-banyaknya. Setelah mendapatkannyapun, langkah Anda tidak
boleh berhenti. Inovasi-inovasi baru harus diciptakan untuk mempertahankan
keloyalan pelanggan.
Pada dasarnya pelanggan
dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Pelanggan utama adalah
pelanggan tetap yang telah memakai produk dalam jangka panjang, kontinue dan jumlah pembeliannya banyak.
Pelanggan
inilah yang harus diberi pelayanan VVIP supaya tidak berpindah ke produk lain.
2.
Pelanggan
biasa adalah pelanggan yang membeli produk dengan
pembelian dalam jumlah kecil.
Pelanggan
jenis ini tidak boleh kita abaikan begitu saja. Pelayanan yang baik tetap
diberikan kepada siapa saja. Meskipun jumlah pembeliannya sedikit tapi kalau
jumlah pelanggannya banyak tetap akan
mendongkrak laba.
Untuk mempertahankan
pelanggan utama tidaklah mudah, salah satu strategi untuk mempertahankannya
adalah dengan memahami karakteristik dari pelanggan utama.
Menurut Veronica Ratna Ningrum, seorang WomanMarketer yang juga CEO dari PT Masterindo Multiguna, ada
beberapa karakteristik pelanggan utama yang harus kita ketahui :
• Informasi dasar tentang pelanggan:
siapa mereka, kisaran usia, kisaran penghasilan, lokasi tempat tinggal, atau
lokasi bisnisnya. Milikilahdatabase pelanggan yang tersistem dengan rapi, yang
berisi semua informasi dasar tersebut beserta alamat kontak mereka. Kontak
mereka dibutuhkan untuk tetap dapat berinteraksi dengan baik dan memberikan
informasi terkini tentang sesuatu yang baru dari perusahaan Anda.
• Bidang atau bisnis yang mereka
jalankan, termasuk siapa saja klien mereka, dan bagaimana mereka menjalankan
bisnis tersebut. Dengan demikian, Anda akan tahu layanan jasa atau produk
seperti apa yang tepat bagi mereka.
• Hal-hal yang mereka sukai.
Masing-masing pelanggan memiliki kesukaan atau hobi yang unik. Jika kita
memahami apa yang mereka sukai, akan mudah untuk merancang program rewards atau
program marketing lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan.
• Problem yang mereka hadapi. Setiap
pebisnis, termasuk kita, tidak semata-mata menawarkan sebuah produk atau jasa
kepada konsumen. Namun kita juga menawarkan solusi bagi problem yang dihadapi
pelanggan. Dengan memahami problem mereka, kita dapat merancang program maupun
produk yang lebih tepat.
Bagi Veronica, memahami siapa pelanggan
utama bisnisnya, adalah bagian yang tak terpisahkan dari prinsip menjadikan
konsumen sebagai raja. Senantiasa menekankan perlunya memperhatikan kebutuhan
konsumen dan memberikan layanan terbaik. “Sebab sukses tidaknya sebuah bisnis,
sangat tergantung dari cara kita menghadapi konsumen,” ujarnya kepada Personal Branding Agency, Indscript Creative.
Ada saatnya Anda
memberikan surprise kepada pelanggan utama. Kirimi mereka ucapan selamat tahun
baru, selamat ulang tahun, juga kirimi mereka sovenir dari perusahaan Anda, dan
sekali-sekali buatlah acara pertemuan dengan mereka dengan mengundang
artis-artis kesayangan mereka sebagai bentuk rasa terima kasih atas kesetiaan
mereka memakai produk Anda. Pelayanan yang bagus akan membuat pelanggan
terkesan dan tidak akan berpaling dari produk Anda.
No comments:
Post a Comment