KUNCI SUKSES BISNIS : KENALI KARAKTERISTIK PELANGGAN UTAMA


Pelanggan adalah raja, itulah yang selalu bergema dalam dunia bisnis. Jumlah pelanggan sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda. Berbagai strategi diterapkan untuk meraih pelanggan sebanyak-banyaknya. Setelah mendapatkannyapun, langkah Anda tidak boleh berhenti. Inovasi-inovasi baru harus diciptakan untuk mempertahankan keloyalan pelanggan.

Pada dasarnya pelanggan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1.    Pelanggan utama adalah pelanggan tetap yang telah memakai produk dalam jangka panjang, kontinue dan  jumlah pembeliannya banyak.  
Pelanggan inilah yang harus diberi pelayanan VVIP supaya tidak berpindah ke produk lain.
2.    Pelanggan biasa adalah pelanggan yang membeli produk dengan pembelian dalam jumlah kecil.
Pelanggan jenis ini tidak boleh kita abaikan begitu saja. Pelayanan yang baik tetap diberikan kepada siapa saja. Meskipun jumlah pembeliannya sedikit tapi kalau jumlah pelanggannya banyak  tetap akan mendongkrak laba.

Untuk mempertahankan pelanggan utama tidaklah mudah, salah satu strategi untuk mempertahankannya adalah dengan memahami karakteristik dari pelanggan utama.

Menurut Veronica Ratna Ningrum, seorang WomanMarketer yang juga CEO dari PT Masterindo Multiguna, ada beberapa karakteristik pelanggan utama yang harus kita ketahui :
•         Informasi dasar tentang pelanggan: siapa mereka, kisaran usia, kisaran penghasilan, lokasi tempat tinggal, atau lokasi bisnisnya. Milikilahdatabase pelanggan yang tersistem dengan rapi, yang berisi semua informasi dasar tersebut beserta alamat kontak mereka. Kontak mereka dibutuhkan untuk tetap dapat berinteraksi dengan baik dan memberikan informasi terkini tentang sesuatu yang baru dari perusahaan Anda.
•         Bidang atau bisnis yang mereka jalankan, termasuk siapa saja klien mereka, dan bagaimana mereka menjalankan bisnis tersebut. Dengan demikian, Anda akan tahu layanan jasa atau produk seperti apa yang tepat bagi mereka.
•         Hal-hal yang mereka sukai. Masing-masing pelanggan memiliki kesukaan atau hobi yang unik. Jika kita memahami apa yang mereka sukai, akan mudah untuk merancang program rewards atau program marketing lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan.
•         Problem yang mereka hadapi. Setiap pebisnis, termasuk kita, tidak semata-mata menawarkan sebuah produk atau jasa kepada konsumen. Namun kita juga menawarkan solusi bagi problem yang dihadapi pelanggan. Dengan memahami problem mereka, kita dapat merancang program maupun produk yang lebih tepat.

Bagi Veronica, memahami siapa pelanggan utama bisnisnya, adalah bagian yang tak terpisahkan dari prinsip menjadikan konsumen sebagai raja. Senantiasa menekankan perlunya memperhatikan kebutuhan konsumen dan memberikan layanan terbaik. “Sebab sukses tidaknya sebuah bisnis, sangat tergantung dari cara kita menghadapi konsumen,” ujarnya kepada Personal Branding Agency, Indscript Creative.

Ada saatnya Anda memberikan surprise kepada pelanggan utama. Kirimi mereka ucapan selamat tahun baru, selamat ulang tahun, juga kirimi mereka sovenir dari perusahaan Anda, dan sekali-sekali buatlah acara pertemuan dengan mereka dengan mengundang artis-artis kesayangan mereka sebagai bentuk rasa terima kasih atas kesetiaan mereka memakai produk Anda. Pelayanan yang bagus akan membuat pelanggan terkesan dan tidak akan berpaling dari produk Anda.

No comments:

Post a Comment