MENCIPTAKAN PRIBADI MENAWAN DENGAN MEMADUKAN INNER DAN OUTER BEAUTY


Tuhan menciptakan manusia dengan karakteristik yang berbeda-beda. Masing-masing mempunyai kelebihan yang dapat digunakan untuk bertahan hidup dan menyejahterakan dirinya. Tapi ada kalanya karena suatu sebab, manusia tidak dapat menggunakannya dengan benar. Bahkan  ada yang tidak tahu kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Ada juga yang hanya bisa membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain dan bertanya mengapa orang lain lebih berhasil ? Mereka tidak menemukan jawaban, akhirnya hanya menyalahkan keadaan dan Tuhan. Kita tidak bisa terus-menerus terpuruk seperti itu tapi seharusnya kita menyadari kelebihan-kelebihan yang kita punya dengan menggali potensi diri. Untuk itu kita harus mengenal diri kita sendiri dulu.

Manusia mempunyai 2 kelebihan yaitu inner beauty dan outer beauty, yang masing –masing mempunyai kekuatan untuk merubah diri menjadi lebih baik.

          a.INNER BEAUTY
Inner beauty (kecantikan dari dalam hati) adalah kelebihan manusia berupa kecantikan yang tercermin dari kepribadian dan tingkah lakunya sehari-hari. Perilaku yang baik,  jiwa yang sehat, kecerdasan otak,menghormati orang lain, suka menolong, optimis, tulus, jujur, selalu positif thinking adalah contoh inner beauty. Kecantikan dari dalam jiwa kita akan terpancar dengan sendirinya. Orang lainlah yang akan menilai.
Untuk meningkatkan pancaran inner beauty, kita harus pandai bergaul dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ikutilah kegiatan-kegiatan yang positif. Untuk para ibu, komunitas seperti Ibu-ibu Doyan Nulis dan Ibu-ibu Doyan Bisnis di Facebook dan berbagai kursus bisa kita ikuti untuk menambah teman, ilmu, dan keahlian. Tampilkan kebaikan hati dan ketulusan kita di depan semua orang. Mentaati perintah Tuhan dan tidak menjalankan larangan-Nya adalah kunci sukses dari inner beauty.


          b. OUTER  BEAUTY    
Outer beauty (kecantikan dari luar) adalah kelebihan penampilan luar manusia yang langsung bisa dinilai tanpa mengenalnya lebih jauh. Wajah yang cantik ataupun tampan, bentuk tubuh yang bagus, kerapian, kebersihan, raut wajah yang selalu gembira, senyum yang selalu menghias bibir adalah sebagian contoh dari outer beauty.
Outer beauty tidak harus berwajah cantik ataupun tampan. Gaya berpakaian, cara berdandan, gaya bicara, kebersihan dan  kerapian diri termasuk outer beauty yang harus kita perhatikan. Pandai-pandailah menyesuaikan penampilan kita dengan situasi dan kondisi. Hindari salah kostum. Tampilah percaya diri di depan umum.

Inner beauty sebenarnya lebih penting daripada outer beauty karena tidak akan hilang selamanya. Bila kita sudah meninggal dunia orang lain akan tetap teringat kepada kebaikan-kebaikan kita. Outer beauty akan memudar seiring usia kita. Kecantikan wajah yang kita agungkan akan berkurang karena kerutan tapi kecantikan hati akan abadi sepanjang masa.

Pribadi yang menawan akan kita peroleh bila kita dapat memadukan keduanya dengan tepat. Ini membutuhkan proses. Jangan segan-segan bermakeover. Toh semuanya demi kebaikan kita sendiri. Kita harus telaten dan sabar membentuknya. Dengan pribadi yang menawan, kesuksesan dalam bidang apapun yang kita inginkan akan lebih mudah tercapai. Tidak ada salahnya kita mengikuti pelatihan pengembangan diri yang dipandu oleh seorang Motivator Pemberdayaan Diri, Ermalen Dewita. Melalui program yang dinamai Make Over Yourself with Ermalen Dewita ini, setiap peserta akan dipandu untuk menggali Power dari Mind (pikiran), Body(tubuh), dan Soul (jiwa). Ketiganya adalah unsur penting yang tak terpisahkan dalam diri seseorang.

“Pikiran adalah lentera jiwa. Benahilah pikiran untuk menerangi jiwa Anda. Anda dapat memulai dengan mengarahkannya ke arah yang jelas. Dengan demikian, kita dapat membedakan mana pilihan yang sesuai atau tidak dengan kita, sehingga kita dapat menentukan langkah terbaik dalam jalani hidup. Sedangkan jiwa adalah energi dalam diri. Bila diibaratkan kendaraan, jiwa adalah mesin  dan tubuh adalah casing-nya. Seringkali keberadaan jiwa tidak disadari. Dengan menggali kekuatan jiwa atau soul power, kita dapat mengakses kekuatan energi tersebut dan menggunakannya untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Tubuh ibarat istana bagi jiwa dan pikiran, yang perlu dirawat dan dilatih agar dapat berfungsi selaras dalam diri kita,” ujar Dewi kepada Personal Branding Agency, Indscript Creative.

Ayo, sekarang berkacalah! Koreksi diri! Rubahlah penampilan luar dan dalam sekarang juga dan raihlah kesuksesan!

No comments:

Post a Comment