MEDIA DIGITAL SEBAGAI SARANA PENUNJANG BERKEMBANGNYA PENDIDIKAN


Teknologi adalah raja. Siapa yang menguasai teknologi dialah penguasa dunia. Itulah yang terjadi saat ini. Kemajuan teknologi yang sangat cepat, dapat mempermudah semua bidang kehidupan manusia. Apa yang dulu hanya menjadi bayangan kini menjadi kenyataan. Dulu kita hanya berangan-angan mempunyai komputer mungil dengan layar sentuh yang bisa dibawa kemana saja dan semua itu kini berada dalam genggaman. Sekali sentuh, dunia menjadi milik kita.

Dunia pendidikanpun tidak luput dari gempuran teknologi. Sofware dan hardware yang semakin canggih membuat dunia pendidikan semakin berkembang. Siswa, mahasiswa, guru dan dosenpun dapat bersama-sama mengembangkan ilmunya dengan memanfaatkan berbagai peralatan canggih untuk melakukan penelitian di berbagai bidang. Mereka bisa memperoleh informasi apa saja melalui internet bahkan bertukar pikiran dengan para pakar di bidangnya melalui Twitter, Facebook, dan media digital lainnya.

Komunitas-komunitas dari berbagai macam ilmu dan hobi banyak dibentuk sehingga siapa saja yang ingin menambah pengetahuannya dapat bergabung disana. Pendidikan dari berbagai macam ilmupun dengan mudah kita peroleh dan tidak perlu hadir di kelas. Melalui kelas-kelas online, kita bisa mengikuti pelajaran yang kita inginkan dan bisa berdiskusi melalui media online. Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) di Facebook, sering membuka kelas online seperti kelas WriterPreneur yang membahas tentang penulisan buku dan artikel. Kelas tersebut bisa diikuti oleh siapa saja. Enaknya, kita bisa belajar kepada ahlinya seperti Indari Mastuti dan Lygia Pecanduhujan, bisa berdiskusi dan mengasah kemampuan menulis kita melalui tugas-tugas yang diberikan. Karya-karya kita dikoreksi langsung oleh mereka dan bisa diterbitkan penerbit nasional yang terpercaya bila memenuhi syarat. Asyiknya lagi, peserta ditantang untuk mengikuti Personal Branding Award yang digelar oleh Personal Branding Agency, Indscript Creative.


Menurut Razi Thalib, CEO dari Bridges & Balloons Digital Agency, pendidikan adalah salah satu kunci untuk menghasilkan sebuah masyarakat yang memiliki standar tinggi dalam suatu pencapaian. “Masyarakat seperti itu yang akan membentuk kultur baru yang lebih sophisticated. Sebuah kultur yang menghendaki kualitas terbaik dalam segala hal; baik itu dalam hal bisnis, pemerintahan, maupun penyediaan layanan masyarakat,” ujarnya.

Kita harus cerdas memanfaatkan semua kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh teknologi dan bisa menyaring semua ilmu yang kita dapatkan dengan tepat. Jangan sampai diperbudak oleh teknologi dan salah langkah.

No comments:

Post a Comment