TEMANMU MENENTUKAN KUALITAS DIRIMU


Manusia ditakdirkan sebagai makhluk individu dan sosial. Sebagai individu, ada kalanya kita tidak mau diganggu oleh siapapun tapi sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Teman sangat kita perlukan dalam keadaan apapun, bahkan seseorang yang sangat egoispun masih membutuhkan teman. Teman adalah orang terdekat selain keluarga kita. Teman juga tempat berbagi cerita suka dan duka dimana  kehadirannya sangat berarti.

Karena butuh teman berbagi itulah yang membuat jejaring soaial sangat digandrungi semua kalangan. Mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk nge-tweet dan curi-curi jam kerja untuk melirik facebook  dan mengupdate status. Grup-grup dari berbagai latar belakang kepentingan dibentuk untuk mempermudah komunikasi.

Bersosialisasi dan mempunyai teman yang banyak memang sangat menyenangkan. Hari-hari menjadi indah karena bersendau gurau dengan teman. Teman sangat mempengaruhi gaya hidup kita. Pilihlah teman yang memberi pengaruh positif pada kehidupan. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas sesuai hobi dan keahlian yang Anda miliki. Dengan demikian pengetahuan Anda akan bertambah dan kelebihan-kelebihan dari anggota kelompok akan menular kepada Anda begitu pula sebaliknya. Saling berbagi ilmu dan menularkan keahlian pada sesama anggota kelompok dapat menambah kualitas hidup Anda.   


Lihat saja grup interaktif Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) yang merupakan wadah berkumpulnya wanita-wanita yang gemar menulis. Di sini kita bisa belajar menulis dari nol sampai menerbitkan buku. Kalau semula menulis itu susah tapi akibat ketularan kecerdasan dan keahlian teman-teman sesama anggota maka berubah jadi gampang. Kita bebas bertanya dan berdiskusi. Bebas menampilkan karya kita untuk dikritik dan dipuji. Hebohnya lagi, kita bisa bertukar pikiran tentang parenting, bisnis, belajar membuat handicraft, belajar software komputer dan membahas rubrik-rubrik lain diluar ilmu menulis. Bazar, kegiatan amal, kunjungan ke lokasi-lokasi menarik, dan seminar sering dilaksanakan grup ini. Tidak rugi menjadi anggota grup IIDN. Dari grup ini kecerdasan dan keahlian kita dalam berbagai macam bidang bisa bertambah dan semakin berkualitas.

Ermalen Dewita, seorang wanita cerdas yang berprofesi sebagai motivator pemberdayaan diri, tampil memikat dalam press release Personal Branding Agency, Indscript Creative. Dewi, panggilan akrabnya  mengatakan, “Kualitas diri seseorang dapat dilihat dari lingkungan dan teman-teman yang sering diakrabinya. Semakin tinggi tingkat kecerdasan teman yang diakrabi, akan semakin besar peluang bagi diri kita untuk menjadi lebih pintar. Sebaliknya, bagi mereka yang pintar, tidak akan bertambah bodoh. Karena, tidak ada yang dapat membuktikan, seorang guru akan menjadi bodoh ketika mengajarkan ilmu yang dimiliki kepada muridnya. Malah, guru menjadi lebih pintar karena banyaknya pertanyaan dan masalah yang ditemukan.”

Temanmu menentukan kualitas dirimu !

No comments:

Post a Comment