Indonesia adalah negara
kepulauan yang besar dan terletak pada posisi strategis. Sumber daya alam yang
dimilikinya sangat beragam. Hasil tambang berupa emas, minyak bumi, dan
batubara melimpah ruah. Tanahnya yang subur membuat berbagai tanaman tumbuh
dengan indahnya. Kakao, padi, cengkeh, lada, dan hasil bumi lainnya tumbuh subur di negeri
katulistiwa ini. Banyak negara menanamkan investasinya di Indonesia.
Pada tahun 2013 jumlah penduduk
Indonesia menembus 250 juta jiwa. Bagi pebisnis yang jeli, jumlah tersebut
merupakan pasar yang menguntungkan.
Dengan dukungan teknologi yang semakin canggih sangat mempermudah pemasaran
produk ke daerah-daerah terpencil.
Internet dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan sekaligus meraup pembeli.
Sayang sekali, fasilitas yang begitu murah, mudah, dan bermanfaat belum
digunakan secara optimal di Indonesia. Pemakaiannya lebih banyak untuk sekedar
mengikuti tren gaya hidup dan gengsi.
Seperti yang diungkapkan
Razi Thalib kepada Personal Branding Agency,Indscript Creative,
“Media digital seharusnya sudah difungsikan lebih jauh, misalnya untuk
menyebarkan konten yang menjalin loyalitas, menghemat waktu, dan memberikan
solusi untuk keperluan sehari-hari. Sayang sekali jika kita hanya berhenti
sekedar sebagai konsumen, tanpa memanfaatkan akses dan kemudahan yang
ditawarkan oleh teknologi digital untuk berkarya. Padahal potensi yang dimiliki
negara ini sangat besar.
Menurut CEO Bridges and
Balloons Digital Agency ini, penggunaan media digital oleh para pelaku bisnis
saat ini kebanyakan hanya berhenti pada target sekadar untuk meraup jumlah
pengunjung sebanyak mungkin. Jarang ada pemikiran lebih jauh, misalnya
menggunakan desain dan konsep interaksi untuk mengubah pengunjung menjadi
pembeli setia.
Benar juga apa yang
dikatakan pengusaha muda kelahiran tahun 1980 ini, hanya sedikit pelaku usaha
yang benar-benar memanfaatkan internet. Seharusnya mereka bisa meraih pembeli
dari seluruh dunia melalui website dan jejaring sosial yang mempunyai anggota
jutaan di dunia.
Ada beberapa cara untuk
meraup pembeli melalui internet, antara lain :
1.
Membuat acara lomba.
Buat
saja lomba foto dengan syarat foto bersama produk kemudian disebarluaskan
melalui web, blog dan jejaring sosial. Bisa juga mengadakan kontes blog dengan
mengikut sertakan bukti pembelian produk. Dari lomba tersebut perusahaan bisa mempromosikan
produk sekaligus meraup pembeli.
2.
Memberikan produk secara gratis dengan
syarat tertentu.
Tak
kenal maka tak sayang. Untuk membuat seseorang membeli produk maka harus mengenal
dan merasakan produk tersebut. Buat promosi melalui web dan ajak calon konsumen
melakukan pendaftaran online untuk mendapatkan produk gratis. Setelah mereka
merasakan kualitas sebuah produk pastilah mereka akan senang hati membelinya.
No comments:
Post a Comment