MERAUP PEMBELI DENGAN TEKNOLOGI


Indonesia adalah negara kepulauan yang besar dan terletak pada posisi strategis. Sumber daya alam yang dimilikinya sangat beragam. Hasil tambang berupa emas, minyak bumi, dan batubara melimpah ruah. Tanahnya yang subur membuat berbagai tanaman tumbuh dengan indahnya. Kakao, padi, cengkeh, lada,  dan hasil bumi lainnya tumbuh subur di negeri katulistiwa ini. Banyak negara menanamkan investasinya di Indonesia.

Pada tahun 2013 jumlah penduduk Indonesia menembus 250 juta jiwa. Bagi pebisnis yang jeli, jumlah tersebut merupakan pasar yang  menguntungkan. Dengan dukungan teknologi yang semakin canggih sangat mempermudah pemasaran produk ke daerah-daerah  terpencil. Internet dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan sekaligus meraup pembeli. Sayang sekali, fasilitas yang begitu murah, mudah, dan bermanfaat belum digunakan secara optimal di Indonesia. Pemakaiannya lebih banyak untuk sekedar mengikuti tren gaya hidup dan gengsi.


Seperti yang diungkapkan Razi Thalib kepada Personal Branding Agency,Indscript Creative, “Media digital seharusnya sudah difungsikan lebih jauh, misalnya untuk menyebarkan konten yang menjalin loyalitas, menghemat waktu, dan memberikan solusi untuk keperluan sehari-hari. Sayang sekali jika kita hanya berhenti sekedar sebagai konsumen, tanpa memanfaatkan akses dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi digital untuk berkarya. Padahal potensi yang dimiliki negara ini sangat besar.

Menurut CEO Bridges and Balloons Digital Agency ini, penggunaan media digital oleh para pelaku bisnis saat ini kebanyakan hanya berhenti pada target sekadar untuk meraup jumlah pengunjung sebanyak mungkin. Jarang ada pemikiran lebih jauh, misalnya menggunakan desain dan konsep interaksi untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli setia.

Benar juga apa yang dikatakan pengusaha muda kelahiran tahun 1980 ini, hanya sedikit pelaku usaha yang benar-benar memanfaatkan internet. Seharusnya mereka bisa meraih pembeli dari seluruh dunia melalui website dan jejaring sosial yang mempunyai anggota jutaan di dunia.

Ada beberapa cara untuk meraup pembeli melalui internet, antara lain :
1.    Membuat acara lomba.
Buat saja lomba foto dengan syarat foto bersama produk kemudian disebarluaskan melalui web, blog dan jejaring sosial. Bisa juga mengadakan kontes blog dengan mengikut sertakan bukti pembelian produk. Dari lomba tersebut perusahaan bisa mempromosikan produk sekaligus meraup pembeli.

2.    Memberikan produk secara gratis dengan syarat tertentu.
Tak kenal maka tak sayang. Untuk membuat seseorang membeli produk maka harus mengenal dan merasakan produk tersebut. Buat promosi melalui web dan ajak calon konsumen melakukan pendaftaran online untuk mendapatkan produk gratis. Setelah mereka merasakan kualitas sebuah produk pastilah mereka akan senang hati membelinya. 

No comments:

Post a Comment