KARIR : Rahasia Yang Tidak Boleh Dibicarakan Di Tempat Kerja

 Di tempat kerja tentunya terdapat beragam sifat manusia. Nah, disinilah kita ditantang untuk bisa mnyesuaikan diri dengan rekan-rekan sekerja kita. Tentunya kita juga terikat etika dalam bergaul. Mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan kita harus paham betul.   Untuk Anda terutama para ladies yang suka ngobrol harus tahu yang tidak boleh dibicarakan di tempat kerja. 
     
Beberapa hal berikut ini, selayaknya jangan dibicarakan di tempat kerja:
  1. Masalah pribadi. Seberat apapun masalah pribadi Anda, janganlah bercerita pada teman sekantor. Ingat, seakrab apapun Anda dengan rekan sekerja pastilah sedikit atau banyak ada persaingan antar rekan sekerja. Yang dikhawatirkan, kalau Anda salah orang dalam bercurhat, sudah pasti masalah pribadi Anda akan menjadi bahan pembicaraan orang sekantor dan ini bisa mengurangi penilaian terhadap kinerja Anda. Sebaiknya, curhatkan masalah pribadi pada sahabat di luar rekan sekantor.
  2. Masalah keuangan. Jangan ceritakan pada rekan sekantor tentang gaji, utang-piutang dan masalah keuangan yang anda alami. Kesannya nanti Anda terlalu berlebihan.
  3. Konflik dengan rekan sekantor. Jangan ceritakan konflik Anda dengan rekan sekantor kepada rekan yang selevel dengan Anda. Kalau memang konflik sudah mengganggu kerja Anda baiknya konsultasikan dengan atasan Anda. Kalaupun Anda berkonflik dengan atasan secepatnya selesaikan dengan cara membicarakannya langsung dengan atasan Anda.


Hati-hatilah berbicara di tempat kerja. Semua yang Anda bicarakan bisa menjadi penilaian tersendiri buat Anda. Manusia punya beragam sifat, kalau cerita Anda terdengar rekan yang punya sifat pecundang Anda bisa rugi sendiri. SELAMAT BEKERJA!

No comments:

Post a Comment