Berikan yang unik
dan berkesan bagi customer Anda. Setiap customer adalah raja, dan raja
selayaknya mendapatkan layanan terbaik. (Veronica Ratna Ningrum)
Suasana kafe yang
terletak di sebuah wilayah pusat perkantoran di Jakarta itu tampak sangat
ramai. Saya mencoba mencari seseorang yang baru saya rekam cirinya pada
beberapa foto. Beberapa orang yang sedang mondar-mandir berhasil mengganggu
konsentrasi saya, hingga, ahaa … mata saya akhirnya menangkap sosok seorang
perempuan berkulit bersih berambut panjang yang sedang asyik bercakap-cakap.
“Mbak Veronica?” sapa saya dengan yakin, dan dia mengiyakan dengan seulas
senyum manis.
Dialah Veronica Ratna Ningrum yang saya cari. Sesaat kemudian kami terlibat obrolan seru tentang
dunia bisnis yang digelutinya beberapa tahun ini, yakni konsultan marketing.
Sebuah bisnis yang sangat pas dan berprospek cerah untuk seorang perempuan
modern seperti dia.
Veronica sebenarnya
tidak asing dengan dunia bisnis. Sebelum menjadi konsultan marketing
independen, dia pernah bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang
keuangan, event organizer, televisi, rumah sakit, dan sejumlah perusahaan asing
lainnya.
Pengalamannya bekerja
di sejumlah sektor yang dekat dengan dunia finansial, bisnis dan servis,
mengantar Veronica bertemu dengan pemilik bisnis Vey Catering. Pemilik Vey
Catering memintanya menjadi konsultan untuk membantu mengembangkan bisnis
mereka. Veronica memutuskan untuk menerimanya, dan dia sukses mengantar Vey
Catering berjaya di dunia bisnis katering yang sarat persaingan.
Setelah kesuksesannya
tersebut, Veronica jatuh hati pada bidang konsultan marketing, dan memutuskan
melanjutkan karir ke dunia tersebut. Dia merasa bahwa marketing adalah
pekerjaan yang sangat menantang. Terutama karena pengalamannya di dunia
perbankan, yang sangat menunjang dan terkait erat dengan bidang baru yang
ditekuninya. Demikianlah, akhirnya Veronica melompati jalur; dari yang semula
sebagai karyawan, menjadi pebisnis mandiri sebagai konsultan marketing.
Veronica adalah tipe
orang yang tidak pernah berhenti menimba ilmu dan pengalaman baru. Dia terus
berimprovisasi untuk meningkatkan kualitas layanannya kepada setiap customer,
dengan berbekal pengalaman dan wawasannya dalam sektor bisnis. Dia memanfaatkan
jaringan kolega dan networkingyang telah dimilikinya, untuk menambah
pengetahuan serta memperluas relasi dengan klien.
Sebagian besar kliennya
di sektor jasa Konsultan Marketing yang sudah tiga tahun ditekuninya ini,
memang tidak jauh dari dunia perbankan. Dia memiliki sejumlah klien loyal dari
bank lokal serta bank luar, yang dibantunya untuk mengembangkan program
acquisition, program redemption, loyalty rewards bagi customer, dan program lainnya.
Semua program tersebut dirancangnya secara unik, beda, dan menjadikan setiap
bank tersebut memiliki program yang khas.
Ibu satu anak yang
masih tetap langsing ini ternyata juga memiliki hobi traveling. Bali, Amerika,
dan Asia, adalah kawasan yang menjadi pilihannya untuk berlibur sekaligus
melihat dunia bisnis dari kacamata yang berbeda. Dengan cara itu, rasa
dahaganya terhadap ilmu bisnis menjadi terpuaskan. Selain traveling, Veronica
juga hobi membaca. “Dari hobi itulah, saya bisa menyerap banyak ilmu dan
mendapatkan ide untuk terus berkembang,” ujarnya dengan mata berbinar.
Kiat sukses Veronica
dalam jasa Konsultan Marketing adalah dengan benar-benar menempatkancustomer
sebagai raja. Dia senantiasa berusaha memberikan pengalaman serta kesan berbeda
bagi setiap customer-nya. Dia menjadi sahabat, sekaligus pendengar yang baik
bagi klien. Dia tidak pernah segan berbagi inspirasi dan ilmu bagi mereka yang
ingin terjun di dunia bisnis. Targetnya adalah menyebarkan seluas mungkin
setiap ilmu yang dia miliki di bidang marketing.
Veronica yang terjun di
bidang bisnis sejak tahun 2006 ini, memberikan pelayanan “one stop service”
kepada kliennya, sehingga mereka tidak perlu bersusah-payah melakukan eksekusi
pada setiap konsep yang dia tawarkan. Veronica memiliki tim handal untuk
menjalankan semuanya, dan klien hanya tinggal mendapatkan laporan pelaksanaan
serta eksekusi konsep darinya.
Sejak kecil, Veronica
sudah mencanangkan mimpi yang sangat tinggi, yakni menjadi pengusaha sukses dan
ternama. Baginya, sukses bukanlah hal yang dicapai karena latar belakang
ekonomi keluarga, namun lebih karena ketekunan, disiplin, tidak mudah menyerah,
terus belajar, dan berdoa. Anak bungsu dari enam bersaudara ini dibesarkan
dalam keluarga yang sangat disiplin dan menaruh perhatian tinggi terhadap
pendidikan. Ditambah lagi dengan latar belakang pendidikan marketing di negara
Paman Sam, membuat Veronica semakin mencintai jalur yang dipilihnya, dan memacu
semangatnya untuk menjadi pebisnis sukses. “Seorang anak harus lebih sukses dari
orangtuanya,” ujar Veronica di akhir perbincangan.
“Veronica orangnya
gesit dan tidak pernah lelah. Dia pebisnis yang selalu mencari cara untuk
mendapatkan solusi pada setiap persoalan. Karakter ini sangat baik untuk bisnis
yang dia jalankan.”(Kemal, Investor)
Manajemen Veronica Ratna Ningrum, 268ED6C1
No comments:
Post a Comment